Jumat, 09 April 2010

TUJUAN AUDITING

Tujuan Pemeriksaan umum terhadap laporan keuangan oleh auditor Independen adalah untuk menyatakan pendapat/opini mengenai kewajiban dalam penyajian posisi keuangan, hasil operasi, dan perubahan posisi keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku Umum (SAK)

Langkah-langkah dalam menyusun Tujuan Audit adalah mengetahui :

1. Laporan Keuangan ;
*Tanggung jawab Manajemen adalah u/ menentukan kebijakan yang sehat, menjalankan struktur pengendalian intern yang baik, dan mencantumkan angka-angka yang dapat dipertanggung jawabkan dalam laporan keuangan.
*Laporan keuangan yang dihasilkan oleh manajemen ? NERACA, LAPORAN LABA-RUGI, LAPORAN PERUBAHAN MODAL, LAPORAN ARUS KAS.

2. Siklus Laporan Keuangan
*Karena perkiraan selalu berhubungan dengan perkiraan lainnya maka untuk memudahkan pemeriksaan perlu diketahui siklus laporan keuangan perusahaan yang diperiksa. Misalnya untuk memeriksa Perkiraan penjualan, retur penjualan, saldo piutang, serta kas sebaiknya digabung karena perkiraan tersebut merupakan bagian dari siklus penjualan dan penagihan.
*Dari Laporan Keuangan , amati komponen (perkiraan) yang mempengaruhinya dan hubungkan dengan komponen (perkiraan) lainnya.

3. Pernyataan (Asersi) manajemen mengenai Komponen-komponen Laporan Keuangan
*Bagaimana manajemen memberikan pernyataan terhadap Lap. Keuangan yang merupakan tanggung jawabnya. (Terkait dengan cara mencatat dan mengungkapkan lap. Keuangan yang disesuaikan dengan SAK)
*Pernyataan Manajemen secara umum ada 5 yaitu :
a. Keberadaan / Eksistensi / Keterjadian / Occurrence
* Aktiva, Hutang & Modal yang tercantum dalam Neraca benar-benar ada sampai dengan periode tersebut.
* Penjualan dalam Lap. Laba-Rugi menujukkan telah adanya pertukaran barang/jasa pada periode tersebut.
b. Kelengkapan
* Semua transaksi dalam periode yang bersangkutan telah dicatat.
c. Hak dan Kewajiban
* Nilai aktiva dalam Neraca adalah kekayaan yang benar-benar hak perusahaan s/d periode tersebut. Sedangkan Hutang & Modal adalah Kewajiban perusahaan s/d periode tersebut.
d. Penilaian dan Alokasi
* Aktiva, Hutang, Modal , Pendapatan , dan Biaya telah dimasukkan dalam Lap. Keuangan dengan angka-angka yang sesuai (perhitungan benar)

e. Penyajian dan pengungkapan
* Komponen-komponen dalam Lap. Keuangan telah diklasifikasikan, dijelaskan, dan diungkapkan dengan benar. Misal : Komputer dimasukkan ke dalam Aktiva tetap karena umurnya ekonomisnya lebih dari satu tahun.

4. Tujuan audit umum untuk komponen-komponen Laporan keuangan
Dibuat dalam rangka pelaksanaan pemeriksaan Lap. Keuangan sehingga auditor dapat membuat pendapat / Opini.

5. Tujuan audit spesifik untuk komponen-komponen Laporan Keuangan
Dibuat sebagai pengembangan dari tujuan audit umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar